Tips Membuat Taman Rumah Lebih Atraktif

hiasan taman belakang rumah

Bagaimana cara membuat hunian terlihat lebih indah? Kamu bisa membuat taman rumah, baik di bagian luar maupun dalam rumah. Area ini dapat menciptakan kesan segar dan sejuk. Hunian pun makin nyaman ditempati.

Ada taman rumah sederhana, ada pula taman rumah mewah. Meskipun ukurannya berbeda, fungsinya tetap sama. Nah, agar taman terlihat lebih atraktif, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Manfaatkan Sisa Space di Samping Rumah

taman rumah sederhana

Sumber : Renovfurniture.com

Untuk menciptakan taman yang cantik, penataan merupakan hal yang sangat penting. Lahan berukuran kecil pun bisa disulap menjadi taman yang cantik dengan desain apik.

Salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan adalah space yang terletak di samping rumah. Biasanya, sisa lahan ini tidak bisa digunakan lagi karena luasnya tanggung. Nah, kamu bisa memanfaatkan area sisa tersebut menjadi taman vertikal.

Membuat taman vertikal sangat mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan pot dan penyangga. Susunlah tanaman secara vertikal dengan jarak yang secukupnya. Taman vertikal ini akan menciptakan tampilan hijau pada rumah.

Kamu juga bisa memanfaatkan space di samping rumah dengan meletakkan pot-pot berukuran ramping. Pilih jenis tanaman yang tidak terlalu rimbun agar suasana tetap rapi.

Tambahkan Kerikil dan Bebatuan

taman rumah sederhana cantik

Sumber : Rumah123.com

Membuat taman rumah sederhana cantik tak butuh anggaran yang besar. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan kerikil atau bebatuan alam. Kehadiran elemen batu akan menambahkan kesan natural pada tampilan taman.

Cara menata kerikil dan bebatuan di sebuah taman bermacam-macam. Salah satu inspirasi penataan yang bisa kamu coba adalah menjadikan kerikil sebagai pembatas. Kehadiran kerikil akan memberi kesan adanya transisi antara bagian yang satu dengan yang lain. Desain taman pun akan terlihat lebih rapi.

Kerikil-kerikil ini juga bisa diletakkan secara menyeluruh di bagian taman yang tidak terisi tanaman. Ini adalah alternatif penutup area taman selain rumput. Adanya kerikil membuat tanah tidak becek atau tergenang. Namun, air tetap dapat terserap ke dalam tanah.

Elemen Air Bikin Suasana Tambah Segar

taman rumah mewah

Sumber : Desainkamar7.blogspot.com

Saat menata taman depan rumah sederhana, kamu bisa menambahkan elemen air. Sebuah kolam kecil dengan pancuran alami atau air terjun akan memberi faktor unik terhadap tampilan taman.

Kolam pada taman rumah akan makin indah jika disertai dengan tanaman khas air. Tambahkan bebatuan alam untuk menciptakan kesan natural. Selain itu, kamu juga bisa mengisi kolam dengan ikan-ikan hias yang cantik.

Pancuran atau air terjun pada kolam juga memberi nilai ekstra pada taman. Suara air yang jernih dan alami dapat membuat orang yang mendengar lebih relaks. Selain itu, suasana juga biasanya lebih sejuk karena adanya elemen air.

Tambahkan Hiasan pada Taman

gambar taman rumah

Sumber : Homify.com

Cara membuat taman kecil di depan rumah salah satunya dengan menambahkan hiasan berupa aksesori. Keberadaan hiasan akan membuat suasana di taman terlihat lebih atraktif. Apa saja contoh hiasan yang bisa kamu tambahkan?

Salah satunya, kursi minimalis yang juga bisa digunakan sebagai tempat duduk. Kursi taman dengan desain yang menarik akan membuat suasana di taman terasa lebih indah.

Hiasan berupa pot-pot yang indah pun bisa menjadi pilihan. Penopang pot yang artistik juga tak kalah menarik untuk dicoba. Elemen kayu bisa menjadi opsi terbaik, tetapi kamu juga bisa mencoba elemen besi atau baja yang terkesan lebih tegas dan awet.

Pencahayaan Pada Malam Hari

menata taman depan rumah sederhana

Sumber : Kabarperumahan.com

Rasanya ada yang kurang jika taman tidak dilengkapi dengan lampu pada malam hari. Pencahayaan merupakan faktor penting yang membuat area ini terlihat lebih cantik. Kamu bisa memilih lampu-lampu taman dengan desain yang artistik untuk melengkapi taman rumah.

Lampu taman berbeda dengan lampu pada umumnya. Tujuan lampu taman adalah menciptakan suasana yang berbeda. Biasanya, cahaya lampu taman lebih redup daripada penerangan ruangan atau bagian outdoor lain.

Saat ini, ada banyak pilihan lampu taman yang penuh gaya. Pilih sesuai kondisi taman. Jika taman tak terlalu luas, gunakan lampu taman dengan ukuran yang sedang saja.

Tambahkan Jalan Setapak

cara membuat taman kecil di depan rumah

Sumber : Modelrumahku.com

Tips lain yang bisa kamu terapkan untuk membuat taman rumah lebih atraktif adalah menambahkan jalan setapak. Hal ini lebih mungkin dilakukan pada taman dengan lahan yang lebih luas.

Fungsi jalan setapak pada taman adalah seperti jalan pada umumnya. Kamu bisa menyusuri area taman tanpa merusak bagian lain, terutama jika taman tertutup rumput. Selain itu, jalan setapak yang ditata dengan baik akan menambahkan kesan indah tersendiri.

Agar jalan setapak menjadi nilai tambah, gunakan batu alam sebagai pijakan. Tata juga peletakannya sehingga terlihat rapi dan bersih. Gunakan pembatas yang rapi, misalnya kerikil sehingga area jalan setapak lebih tegas.

Pilih Pagar yang Cantik

taman depan rumah lahan luas

Sumber : Dekoruma.com

Jadikan taman rumah kamu terlihat berbeda dengan penggunaan pagar yang cantik. Ada bermacam-macam desain pagar yang bisa kamu tiru. Pagar kayu dengan warna putih, misalnya, bisa memberikan kesan eksotis. Pagar hitam dari besi akan menampilkan kesan kokoh.

Pagar juga bisa dipadukan dengan tanaman merambat dan berbunga. Jadi, bukan sekadar sebagai pembatas, pagar akan menjadi penopang bagi tanaman. Perpaduan keduanya akan menciptakan suasana taman yang lebih menawan.

Tanam Tanaman Berbunga Warna-Warni

hiasan taman rumah

Sumber : Dekoruma.com

Di sebuah taman, kamu bisa menanam berbagai jenis tumbuhan. Namun, jangan ragu untuk memilih jenis tumbuhan yang berbunga warna-warni. Tanaman berbunga ini akan menjadi penghias taman yang paling alami.

Ada berbagai jenis tumbuhan bunga yang berwarna-warni. Mulai dari anggrek, mawar, matahari, anyelir, aster, azalea, celosia, dahlia, gardenia, dan sebagainya. Kamu bisa menanamnya di pot atau langsung di tanah sesuai karakteristik tanaman.

Jadi, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat taman rumah terlihat lebih indah dan cantik. Mudah untuk diterapkan, bukan? Nah, selamat mencoba!

Tips Membuat Taman Rumah Lebih Atraktif

mall di kabupaten tangerang