Simak Harga Asbes Lengkap dan Tips Memilih Asbes Berikut Ini!

harga asbes

Asbes atau asbestos adalah material yang terdiri dari mineral silikat berserat yang bisa ditemukan secara alami. Ketika sudah diolah, asbes bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah sebagai material untuk penutup atap dan dinding. Untuk Anda yang ingin tahu tentang jenis-jenis dan harga asbes, simak uraian lengkapnya berikut ini!

Jenis-jenis Asbes Beserta Harganya

harga asbes plafon

Sumber : Alderon.co.id

Selain dari harga asbes, material satu ini juga bisa dibedakan berdasarkan brand dan ukuran (lebar dan tebalnya). Beberapa merek asbes paling terkenal di Indonesia antara lain adalah Harvlex, asbes Cap Gajah, Penguin dan Djabesmen. Jenis-jenis dan harga asbes antara lain:

1. Asbes Plastik Bening

Bagi Anda yang memerlukan atap transparan, asbes plastik bisa menjadi pilihan. Salah satu merek asbes plastik yang cukup dikenal adalah Puso. Selain memiliki daya tahan yang tinggi, harga asbes plastik juga cukup bervariasi. Mulai dari ukuran terkecil sampai terbesar, harga asbes bening Puso Rp48-Rp80 ribuan. Asbes Puso juga tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Selain merek Puso, asbes plastik bening lain yang bisa Anda temukan adalah Pinguin. Brand satu ini memang dikenal dengan produk toren air. Namun atap asbes plastik yang mereka tawarkan juga memiliki kualitas bersaing. Harga asbes PVC merek Pinguin berkisar antara Rp48-Rp80 ribuan. Ketebalan dan ukuran biasanya juga mempengaruhi harga.

2. Asbes Djabesmen

Sebagai merek asbes paling terkenal di Indonesia, Djabesmen menyediakan produk dengan berbagai ukuran. Ukuran asbes gelombang merek Djabesmen mulai dari 150 cm x105 cm sampai 300 cm x 105 cm. Adapun harga jualnya di pasaran adalah mulai dari Rp47.000 sampai Rp83.000.

3. Asbes Harvlex

Selain Djabesmen, merek Harvlex juga cukup dikenal dalam industri konstruksi. Selain memiliki variasi ukuran yang banyak, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Bahkan lebih murah ketimbang merek sebelumnya.  Anda bisa membelinya mulai harga Rp28-Rp82 ribuan.

4. Asbes Cap Gajah

Merek satu ini sangat mudah ditemukan di berbagai kota di tanah air. Selain menyediakan pilihan asbes gelombang dan asbes datar, harga asbes Cap Gajah juga tidak jauh berbeda dengan Harvlex dan Djabesman. Untuk ukuran 180 cm x 105 cm, asbes ini dibanderol Rp55.000.

5. Asbes Datar

Asbes datar biasanya digunakan untuk plafon maupun dinding rumah. Asbes datar dibedakan berdasarkan ukurannya. Adapun rincian daftar harga asbes untuk dinding dan plafon adalah:

  • Asbes datar EG merek Exel harganya mulai Rp9.400-Rp12.600
  • Asbes datar EG merek Kerang harganya mulai Rp4.900-Rp6.600
  • Asbes datar EG merek Sakura harganya mulai Rp10.400-Rp13.900
  • Asbes datar EG merek Djabesmen harganya mulai Rp12.400-Rp16.400
  • Asbes datar HF harganya mulai Rp5.600-Rp13.900.

Itulah daftar harga asbes seng gelombang maupun asbes datar yang biasa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa memanfaatkan material asbes ini untuk membuat atap rumah, plafon hingga dinding. Lalu bagaimana perbandingan harga asbes seng gelombang dengan seng?

Memiliki bentuk yang sama, dari segi harga seng gelombang tidak jauh berbeda dengan asbes gelombang. Kisarannya antara Rp47.000 sampai dengan Rp80.000. Dengan harga yang tidak jauh berbeda, Anda mungkin memerlukan pertimbangan lain untuk memilih antara material seng atau asbes. Konsultasikan dengan kontraktor Anda untuk mendapatkan rekomendasi terbaik.

Jika Anda ingin mencari yang lebih miring, harga asbes bekas biasanya lebih terjangkau. Namun dari segi kualitas, produk yang masih baru tentu lebih baik daripada yang sudah pernah dipakai.

Kelebihan dan Kekurangan Asbes untuk Material Bangunan

harga asbes plastik

Sumber : Dekoruma.com

Sebelum memilih asbes untuk bahan dinding maupun atap, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan material satu ini.

Kelebihan Asbes

  • Murah dan Mudah Didapat

Untuk Anda yang memiliki dana terbatas, harga asbes yang lebih murah dibanding genteng tentu merupakan kelebihan tersendiri. Selain itu, asbes juga sangat mudah ditemukan dan hampir semua distributor bahan bangunan menjualnya. Berbeda dengan genteng yang hanya tersedia di toko-toko tertentu saja.

  • Mudah Dipasang

Kelebihan lain yang dimiliki oleh asbes adalah bobotnya yang cenderung ringan berkat material serat yang menyusunnya. Karena ringan, jumlah rangka penyokong yang digunakan juga lebih sedikit ketimbang genteng. Jika genteng memerlukan rangka dengan kerapatan tinggi, Anda hanya perlu memasang sedikit kayu atau baja ringan untuk bisa memasang asbes.

Selain bobotnya yang ringan, bentuk asbes yang dibuat berlembar-lembar dengan ukuran besar memudahkan Anda melakukan pemasangan. Selain lebih hemat waktu, ini juga bisa menghemat tenaga sehingga biaya tukang bisa ditekan.

Kekurangan Asbes

  • Daya Serap yang Tinggi Terhadap Panas

Salah satu kelemahan dari bahan asbes adalah kemampuannya yang baik dalam menyerap panas. Ini membuat udara di dalam rumah dengan atap asbes juga cenderung panas. Karena itu, orang yang tinggal di daerah panas sebaiknya menghindari penggunaan material ini.

  • Mudah Rusak

Ketika proses pemasangan, tukang sebaiknya berhati-hati baik saat penyimpanan maupun instalasi. Karena berbentuk lembaran tipis, asbes sangat rentan retak. Berbeda dengan genteng yang lebih tebal dan kuat. Kalau sampai ada salah satu sudut asbes yang rusak, Anda harus menggantinya demi keamanan.

  • Kurang Baik untuk Penggunaan Jangka Panjang

Karena dibuat dari material karbon, asbes memiliki efek negatif terhadap kesehatan sehingga harus sering diganti. Serpihan asbes yang terhirup bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Usahakan Anda mengganti asbes setiap 4 sampai 5 tahun sekali untuk menghindari masalah ini.

  • Desain yang Monoton

Jika genteng memiliki berbagai model yang bisa dipilih, asbes cenderung tidak berubah. Ini membuatnya kurang inovatif dari segi desain. Jika dipasangkan ke atap, tampilan genteng memang kerap terlihat lebih menarik dibanding atap asbes gelombang.

Itulah ulasan lengkap terkait harga asbes beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat!

Simak Harga Asbes Lengkap dan Tips Memilih Asbes Berikut Ini!

mall di kabupaten tangerang