Sebelum Beli, Cari Tahu Rentang Harga Kitchen Set di Sini!

kitchen set

Kitchen set merupakan perangkat dapur yang semakin banyak diminati. Tidak hanya menciptakan kenyamanan saat masak di dapur, keberadaan kabinet-kabinet ini juga menjadi sarana penyimpanan sekaligus mempercantik suasana di dalamnya.

Selain mengetahui rentang harga kitchen set, ada berbagai informasi lain yang sebaiknya Anda ketahui sebelum membeli. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Jenis-jenis Kitchen Set

harga kitchen set per meter

Sumber : Dekoruma.com

Meskipun secara umum memiliki desain yang mirip, kitchen set yang dijual di pasaran memiliki berbagai jenis pilihan. Anda bisa memilih dengan melihat layout-nya dan juga material yang digunakan untuk membuatnya.

Dari jenis layout, ada 5 tipe kitchen set antara lain:

1. Tipe Linear

Jika Anda mencari harga kitchen set murah, tipe linear ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Set dapur ini terdiri dari satu baris lurus sehingga lebih simpel dan proses pemasangannya juga lebih mudah. Banyak orang memilih tipe ini karena tidak membutuhkan ruang yang banyak. Agar memasak lebih nyaman, pastikan lebar counter tidak kurang dari 60 cm.

2. Tipe Linear Dua Sisi

Mirip dengan tipe linear, tipe dua sisi menggunakan dua dinding yang saling berhadapan untuk meletakkan kabinet. Desain ini biasanya dipakai di apartemen dengan satu sisi sebagai area penyimpanan dan tempat mencuci piring, sementara sisi lainnya digunakan sebagai area masak.

3. Tipe Letter L

Instalasi kitchen set dengan layout letter L bertujuan untuk memaksimalkan sudut ruangan. Selain pemanfaatan ruangan yang maksimal, layout ini juga akan memudahkan aktivitas memasak. Terutama jika ukuran dapur Anda sempit.

4. Tipe Letter U

Kalau ukuran dapur Anda cukup lebar, memilih layout letter U akan membuat area masak jadi lebih luas. Karena desainnya cukup rumit, pastikan Anda menata barang-barang dengan baik agar kegiatan memasak tetap efisien.

5. Tipe dengan Meja Island

Kitchen set dengan meja island sangat banyak diminati. Selain menjadi fokus di dapur, keberadaan meja island ini sangat fungsional. Ketika memasak, Anda bisa menggunakannya untuk menyiapkan bahan-bahan. Setelah selesai, meja ini bisa difungsikan sebagai dining area dengan menambahkan 2 sampai 4 kursi.

Tips dan Pertimbangan Sebelum Membeli Kitchen Set

harga kitchen set minimalis

Sumber : Grid.id

Meskipun secara umum kitchen set memiliki desain dan ukuran yang hampir sama, namun Anda tidak bisa sembarangan membeli. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum membelinya. Apa saja?

1. Pastikan Ukurannya Sesuai

Setiap dapur tidak dibangun dengan ukuran yang sama. Karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kitchen set yang dibeli sudah sesuai dengan ukuran dapur. Jangan sampai Anda membuat suasana dapur jadi sumpek karena memilih kitchen set yang terlalu besar. Jika khawatir ukurannya tidak pas, sebaiknya Anda memesan kitchen set secara custom.

2. Pilih Desain yang Sesuai dengan Interior

Desain kitchen set baik dari segi layout maupun gaya sebaiknya disesuaikan dengan interior rumah. Memilih jenis layout kitchen set yang sesuai dengan bentuk dapur akan membuat aktivitas memasak menjadi lebih nyaman dan efisien. Nuansa yang sesuai dengan interior rumah juga akan menjaga estetika hunian Anda tetap terjaga.

3. Memilih Material Terbaik

Memilih material sebenarnya harus disesuaikan juga dengan bujet yang ada. Bahan blackboard, plywood dan aluminium adalah yang paling banyak digunakan. Jika punya bujet lebih, material kayu solid lebih disarankan karena punya daya tahan tinggi.

Gambaran Rentang Harga Kitchen Set

harga kitchen set premium

Sumber : Goodhomesmagazine.com

Jika Anda memesan kitchen set melalui produsen furnitur secara custom, biasanya harganya dihitung per meter tergantung pada bahan baku dan finishing yang digunakan. Berikut kisaran harga kitchen set per meter (menggunakan finishing HPL):

  1. Kabinet bawah frame dengan material plywood mulai Rp1,3 juta
  2. Kabinet bawah frame dengan material blackboard mulai Rp1,2 juta
  3. Kabinet bawah box dengan material plywood mulai Rp1,6 juta
  4. Kabinet bawah box dengan material blackboard mulai Rp1,7 juta
  5. Kabinet atas dengan material plywood mulai Rp1,7 juta
  6. Kabinet atas dengan material blackboard mulai Rp1,6 juta

Kalau tidak ingin repot menunggu proses pembuatan, ada banyak kitchen set siap pasang yang bisa Anda temukan di pasaran. Untuk harga kitchen set minimalis cukup variatif, tergantung pada ukuran dan jenis kitchen set-nya. Harga kitchen set atas biasanya lebih murah dibanding kabinet bawah. Di salah satu situs e-commerce terkemuka, tipe minimalis ini dibanderol mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Desainnya pun sangat beragam dan tinggal disesuaikan dengan interior rumah Anda.

Tertarik dengan produk branded? IKEA, salah satu ritel yang menyediakan perabotan rumah tangga juga menjual produk berupa kabinet atas maupun bawah. Adapun rentang harga kitchen set IKEA untuk kabinet atas bisa dibeli dengan harga mulai Rp1-Rp2 jutaan. Kabinet bawah dijual dengan harga yang lebih mahal yakni antara Rp1,6-Rp3 jutaan.

Kalau ingin langsung membeli satu set kabinet atas dan bawah sekaligus (terdiri dari dua pintu), harga termurah yang ditawarkan adalah Rp2,4 juta. Untuk harga kitchen set premium merek IKEA berkisar antara Rp8-9 jutaan.

Selain kitchen set siap pasang, kitchen set yang terbuat dari kayu juga banyak diminati. Selain menawarkan desain yang lebih beragam, material kayu cenderung lebih tahan lama dibanding material buatan. Harga kitchen set kayu juga berbeda-beda, tergantung jenis kayu yang dipakai. Kayu jati merupakan material yang paling populer karena durabilitasnya yang tinggi.

Harga kitchen set kayu jati per meter mulai dari Rp2 jutaan. Apabila ingin membeli kitchen set berbahan kayu dengan harga yang lebih murah, Anda bisa memilih kayu jati Belanda. Untuk jenis kayu ini, Anda bisa membeli mulai dari Rp1,5 jutaan per meternya.

Sebelum Beli, Cari Tahu Rentang Harga Kitchen Set di Sini!

mall di kabupaten tangerang