Maksimalkan Tiap Sudut, Simak 10 Tips Menata Kamar Tidur Minimalis Ini

Maksimalkan Tiap Sudut, Simak 10 Tips Menata Kamar Tidur Minimalis Ini

Sebagai tempat memulai dan mengakhiri hari, kamar tidur adalah salah satu ruangan terpenting di rumah. Kenyamanan kamar tidur harus kamu perhatikan supaya waktu istirahatmu berkualitas. Jika kamar mulai terasa membosankan atau justru membuatmu tidak betah, ini waktunya untuk melakukan perubahan alias make over.

Kamu tidak perlu pindah kamar baru untuk menata semuanya dari awal. Cukup maksimalkan setiap sudut ruangan, kamu bisa menciptakan gaya kamar tidur minimalis yang nyaman. Memang perlu beberapa penyesuaian di sana sini, tetapi jika kamu tahu trik yang tepat, memiliki kamar tidur impian bisa terwujud.

Nah, mumpung sekarang kamu lebih sering di rumah saja, pakai kesempatan ini untuk menata ulang kamar tidur. Untuk mempermudah pengerjaan proyek room make over kali ini, yuk, simak 10 tips menata kamar tidur minimalis sederhana berikut ini.

Pakai Built-in Furniture

kamar tidur minimalis sederhana

Sumber : Loftbedwithwardrobe.blogspot.com

Bagaimana menentukan desain kamar tidur minimalis ukuran 3×3? Meski luas ruangan terbatas, kamu tetap melakukan berbagai hal pada kamar ini. Salah satunya, coba pakai built-in furniture. Misalnya, pilih rak yang menyatu dengan bagian kepala tempat tidur dan menempel pada dinding. Cara ini umum dipakai pada kamar di hunian lahan kecil, seperti apartemen.

Dengan built-in furniture, ruangan terasa lebih lapang karena kamu tidak perlu menjejali beberapa perabotan di dalamnya. Cukup satu furnitur untuk semua, mulai dari rak buku, meja belajar, sampai lemari. Kamu tinggal menambahkan elemen dekorasi lain untuk mempercantik.

Standing Clothes Rack sebagai Pengganti Lemari

desain kamar tidur minimalis ukuran 3x4

Sumber : Envato.com

Berhasil decluttering baju-baju lama yang tidak terpakai? Jika ya, jadikan ini momen tepat untuk mengganti lemari bajumu. Lupakan lemari besar yang langsung membuat kamar kecil terasa penuh. Kamu bisa memakai standing clothes rack sebagai penggantinya.

Berupa rak simpel yang berfungsi sebagai tempat menggantung pakaian dan beberapa rak penyimpanan terbuka, rak ini bakal menghemat ruang karena berdimensi ramping. Dengan sirkulasi udara baik, membuat pakaianmu terhindar dari risiko jamuran. Namun, pastikan kamu juga rutin membersihkan agar tidak ada debu menumpuk pada rak tersebut.

Meja Sederhana tapi Fungsional dan Compact

kamar tidur minimalis elegan

Sumber : Envato.com

Keberadaan meja memang penting di kamar, apalagi jika kamu butuh ketenangan saat belajar atau bekerja. Menyelesaikan tugas di kamar jelas jadi pilihan terbaik supaya konsentrasi tetap terjaga.

Untuk menyiasati kamar minimalis kecil, kamu bisa menempatkan meja kerja yang terbuat dari papan rak gantung atau ambalan pada salah satu sudut kamar. Letakkan di sisi tempat tidur bergandengan dengan lemari pakaian. Kamu bisa memasang satu papan saja atau beberapa papan yang tersusun vertikal. Simpel tapi fungsional.

Cat Dinding dengan Dua Warna Berbeda

desain kamar tidur minimalis ukuran 3x3

Sumber : Nimvo.com

Jenuh dengan warna cat dinding yang biasa saja? Coba trik ini, aplikasikan dua warna berbeda pada dinding kamarmu. Dekorasi warna two-tone tersebut bisa menciptakan kesan modern sekaligus suasana baru yang unik.

Cara ini pun efektif untuk kamu yang tidak punya banyak waktu mengubah kamar. Pelajari roda warna akan membantumu memilih kombinasi warna yang tepat. Misalnya, warnai salah satu dinding dengan tone warna gelap seperti dark navy. Imbangi dengan tone warna lebih lembut di sisi berbeda. Sebut saja, beige, cream, atau ivory.

Warna Cerah untuk Efek Lapang

kamar minimalis modern

Sumber : Nipponpaint.co.in

Jika kamu ragu menerapkan dua warna dinding pada desain kamar tidur minimalis ukuran 3×4, aplikasikan saja warna cerah. Trik ini cukup efektif untuk memperluas dimensi ruang sehingga tampak lebih lapang. Tentu barengi juga dengan penempatan furnitur yang tepat ya.

Namun, jangan pula terjebak pada pilihan warna putih saja. Simpan warna putih untuk ceiling. Lalu, pakai warna cerah lain sesuai seleramu, mulai dari off white, sky blue, cream, hingga pink pastel. Padukan dengan elemen warna gelap pada dekorasi untuk menciptakan kesan kontras yang hangat.

Sentuhan Mewah dengan Wallpaper Gaya Klasik

interior kamar tidur minimalis

Sumber : Wallpapertrip.com

Apakah gaya klasik cocok dengan kamar tidur minimalis? Bisa kok! Asal kamu menempatkan wallpaper secara proporsional. Pilih motif klasik yang tidak begitu besar dengan warna selaras dinding lain. Selaras tidak harus sama, tetapi bisa menciptakan suasana kontras yang harmonis.

Contoh, kamu memasang wallpaper gaya klasik berwarna coklat di dinding belakang tempat tidur. Sementara itu, dinding lain sudah dicat off-white sehingga tetap memberi kesan lapang pada kamar. Bahkan, wallpaper tersebut jadi titik sentral ruangan dan membangun kesan elegan yang kuat.

Perpaduan Unsur Kayu dan Warna Netral

dekorasi kamar tidur sempit

Sumber : Archify.com

Elemen kayu dan warna netral selalu jadi kombinasi terbaik untuk menciptakan kesan hangat di ruangan mana pun, termasuk kamar tidur. Dekorasi kamar tidur sempit tetap bisa kamu lakukan pada elemen-elemen lain.

Jika dinding sudah berwarna netral, unsur kayu bisa diterapkan pada lantai maupun furnitur. Pastikan semua dalam kadar yang pas agar kedua unsur tersebut tidak saling mendominasi. 

Kombinasi Tema untuk Kesan Eklektik

kamar minimalis kecil

Sumber : Dailyasia.com

Sulit menentukan satu dari beberapa tema? Jangan ragu menerapkan beberapa tema sekaligus pada interior kamar tidur minimalis milikmu. Sekilas memang terdengar aneh, tetapi gunakan warna senada agar setiap tema yang dipilih bisa berbaur sempurna.

Contoh, kamar tidur yang memadukan gaya klasik, nautical, modern, hingga feminin. Semua elemen tersebut memakai palet warna serupa, yaitu hitam putih. Inilah benang merah dari berbagai tema tersebut sehingga kamar mengusung kesan eklektik yang harmonis.

Minimalis dengan Aksen Warna Cerah

desain Kamar minimalis modern

Sumber : Rumah123.com

Kamar minimalis modern bisa terasa ‘hidup’ ketika kamu menambahkan aksen warna cerah pada beberapa elemen penting. Sebagai contoh, kamu sudah memakai furnitur dengan garis rancangan simpel dan minim elemen dekoratif. Jika tidak hati-hati, pemilihan rancangan demikian bisa berkesan monoton.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memberi aksen warna cerah pada bagian tertentu di kamar. Sebut saja, pilihan warna seprai, bantal, selimut, karpet, hingga tirai. Bisa juga menempatkan lukisan atau dekorasi cerah lain. Jadi lebih menarik kan?

Pintu Geser Menghemat Ruang

desain pintu geser

Sumber : Dekoruma.com

Kalau kamu khawatir buka tutup pintu akan membatasi pergerakan di dalam kamar, pintu geser jadi alternatif terbaik. Dengan memakai pintu geser, semua sudut ruang di kamar bisa kamu dekorasi secara optimal, termasuk saat menempatkan perabot-perabot berukuran agak besar.

Trik terbaik yang bisa kamu coba, samakan desain pintu geser dengan lemari tanam yang ditempatkan di kamar. Ini dapat memberi kesan keberadaan ruang rahasia yang berkamuflase dalam bentuk lemari.

Demikian 10 inspirasi menata kamar tidur minimalis yang bisa kamu coba untuk proyek make over kamar. Cukup maksimalkan setiap sudut kamar, kamu dapat menciptakan kamar impian yang membuatmu betah berlama-lama. Siap mencoba?

Maksimalkan Tiap Sudut, Simak 10 Tips Menata Kamar Tidur Minimalis Ini

mall di kabupaten tangerang