Inspirasi Denah Rumah Minimalis untuk Keluarga Kecil

denah rumah minimalis

Home is where the heart is. Ungkapan tersebut dengan sempurna menggambarkan bahwa rumah adalah tempat kita pulang, beristirahat, dan menyandarkan hati. Sebisa mungkin, rumah menjadi tempat yang nyaman dan mengakomodasi seluruh kegiatan atau kebutuhan kita.

Terlebih bagi keluarga kecil yang baru saja berumah tangga atau memiliki anak. Tentu ada rasa semangat dalam membangun hunian yang diimpikan. Nah, dalam proses membangun hunian tersebut, denah tanah dan rumah adalah salah satu hal pertama yang perlu dipikirkan setelah mendapatkan lokasi yang tepat.

Denah menjadi semacam blueprint untuk bentuk rumah yang akan dibangun atau direnovasi nantinya. Melalui gambar dan ukuran, denah menjadi rencana awal mengenai ruangan dan area yang akan ada di lahan rumah. Apa saja yang perlu dipertimbangkan saat membuat denah? Yang pertama adalah bagaimana rumah bisa memenuhi kebutuhan penghuninya.

Mengenali Kebutuhan Aktivitas Keluarga

denah rumah sederhana keluarga kecil

Sumber : Bestmom.id

Setiap keluarga memiliki kebutuhan aktivitas yang berbeda. Sebagai contoh, ada keluarga yang senang bercocok tanam, maka taman harus masuk ke dalam rencana denah. Atau, keluarga kecilmu memiliki anak-anak yang membutuhkan area bermain. Di denah inilah semuanya tertuang.

Untuk menentukannya, coba bayangkan siapa saja penghuni rumah dan apa saja kegiatannya. Ini akan memudahkanmu memetakan area yang penting untuk dimasukkan ke dalam denah.

Jumlah kamar pun begitu, perlu disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya. Langkah kaki serta alur di dalam rumah juga perlu dipertimbangkan saat membuat denah. Ketika membuat ruang menonton televisi misalnya, usahakan tidak ada jalur lalu lalang antara televisi dan kursi. Ini agar anggota keluarga yang sedang menonton nantinya tidak terganggu oleh orang yang lalu lalang.

Inspirasi Denah rumah minimalis

denah rumah minimalis 3 kamar

Sumber : Popbela.com

Keluarga muda saat ini banyak yang memilih denah rumah minimalis dalam membuat denah dan interior rumah. Alasannya sederhana, desain minimalis mudah dipadankan dengan gaya dan warna apa pun. Selain itu, rumah tidak terasa sempit karena semua garis dibuat sederhana tanpa banyak detail.

Walaupun sebagian besar perumahan baru sudah memiliki desain denah sendiri, tidak ada salahnya kamu bertanya apakah denah bisa dimodifikasi? Kalau bisa, ini adalah kesempatan kamu untuk berkarya di rumah sendiri.

Denah rumah minimalis 2 Kamar

Untuk keluarga kecil, denah rumah minimalis dua kamar mungkin dianggap cukup. Namun, bagaimana menyiasatinya agar flow dalam rumah terasa nyaman?

  • Denah dua kamar sejajar dengan kamar mandi di tengah. Kamar mandi yang berada di antara kedua kamar memberikan langkah yang cepat untuk penghuni kamar masuk ke kamar mandi. Pintu kamar bisa dibuat berhadapan menghadap ke arah depan kamar mandi atau menghadap ke ruang tamu yang ada di sebelahnya.
  • Denah dua kamar bersebelahan. Kedua kamar berada sejajar dan bersebelahan dan kamar mandi berada di bagian lain rumah. Desain ini cocok untuk keluarga yang memiliki anak yang masih kecil. Sebab anak akan tetap mendapatkan privasi dengan perasaan aman karena kamar bersebelahan dengan orang tuanya.

Denah rumah minimalis 3 Kamar

Kita pasti setuju kalau keluarga bertumbuh seiring berjalannya waktu. Memiliki rumah dengan 3 kamar bisa jadi solusi bagi kamu yang berencana memiliki anak lebih dari satu. Untuk rumah yang tidak terlalu luas, hal ini bisa disiasati dengan menambah lantai ke atas.

  • Ukuran yang berbeda. Kalau luas rumah tidak terlalu besar dan belum bisa renovasi menjadi dua lantai, denah rumah minimalis 3 kamar harus memiliki ukuran yang berbeda antara satu kamar dan kamar lainnya.

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur tipe 36, misalnya. Dua kamar mungkin bisa memiliki luar 3 x 3 meter, tetapi satu kamar lagi mungkin akan lebih kecil secara ukuran misalnya 2,5 x 3 meter atau bahkan 2 ,5 x 2,5 meter.

Denah rumah minimalis 2 Lantai

Meningkatkan rumah jadi 2 lantai adalah solusi yang cukup baik jika membutuhkan ruangan tambahan seperti kamar baru atau ruang cuci yang lebih besar. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat menambah lantai ke atas adalah membuat tangga yang proporsional dan nyaman.

Sebagian orang meletakkan seluruh kamar di lantai dua sehingga lantai satu berfokus pada kegiatan seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang cuci. Namun, ada juga yang menempatkan ruang cuci, ruang jemur atau setrika, atau gudang di atas. Pemilihan fungsi ruang pada denah rumah minimalis ini tergantung kepada kenyamananmu dan penghuni lain.

Hal yang Sering Terlewat saat Membuat Denah Rumah

denah rumah minimalis 2 lantai

Sumber : Signalscv.com

Terkadang, orang hanya memikirkan ruangan-ruangan penting saat membuat denah rumah. Tidak jarang, ada satu atau dua ruangan yang tertinggal sehingga rumah tidak memiliki fungsi tersebut. Pada kasus lain, fungsi ruangan tambahan tidak bisa dimasukkan karena lahan yang terbatas.

Kalau semua kamar utama, kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, dan ruang keluarga sudah masuk ke dalam denah, ada beberapa area lagi yang patut kamu pertimbangkan:

  • Ruang cuci atau laundry room yang berisi mesin cuci dan pakaian serta garmen lain. Ruangan ini bisa digabung dengan ruang setrika tergantung pada kebutuhan.
  • Area penyimpanan untuk barang yang jarang dipakai. Kamu mungkin punya pakaian, selimut, atau barang yang hanya dipakai sesekali. Di sinilah area penyimpanan berperan. Kamu bisa memanfaatkan rak atau kotak kontainer di area.
  • Ruang jemur. Berbeda dengan zaman dahulu, orang bisa dengan mudah menjemur depan rumah. Kali ini, siasati agar rumah tidak terlihat berantakan dari depan dengan cara membuat area jemur sendiri. Manfaatkan area terbuka di belakang rumah atau genteng kaca untuk membuat jemuran sendiri di rumah.

Walaupun kamu mau membuat desain rumah sederhana, ruang atau area tersebut masih bisa masuk ke dalam rumah. Agar tidak terkesan memaksa, pastikan kamu juga memilih furnitur yang tepat di area-area tersebut.

Kalau kamu sekarang sedang dalam proses mencari rumah, Mania Estate bisa jadi teman kamu dalam pencarian. Sebagai platform jual beli dan sewa rumah, kamu bisa menemukan hunian impian dengan denah rumah minimalis yang kamu inginkan.

Terlebih lagi, Mania Estate mengecek langsung kondisi rumah atau unit properti yang dijual atau disewakan di dalam platformnya. Jadi, kamu tidak akan membuang waktu lebih banyak mencari unit yang cocok. Penasaran cara kerjanya? Kunjungi Mania Estate untuk melihat banyak pilihan properti di lokasi yang kamu inginkan!

Inspirasi Denah Rumah Minimalis untuk Keluarga Kecil

mall di kabupaten tangerang