Ini Ide Dapur Minimalis untuk Pasangan Muda, Bisa Ditiru!

desain dapur minimalis 2x2

Dapur berantakan membuatmu tidak nyaman? Hal ini wajar dirasakan mengingat fungsi dapur kini lebih dari sekadar memasak. Dapur ibarat jantung rumah karena seluruh aktivitas penghuninya dimulai dari makanan dan minuman yang disiapkan di sini. Tren memasak makanan sendiri turut menaikkan pamor dapur sebagai bagian dari gaya hidup.

Dapur minimalis adalah salah satu gaya yang tengah digemari, sejalan dengan tren rumah minimalis. Semua berangkat dari keinginan penghuni untuk mengedepankan prinsip kesederhanaan dan kerapian di setiap ruang rumah, termasuk dapur. Meski dapur identik dengan banyak peralatan, konsep minimalis akan membuat dapur terlihat tetap rapi, cantik, dan bersih.

Sebelum sampai pada deretan inspirasi menata dapur minimalis kecil, ada baiknya kamu simak dulu apa saja keuntungan punya dapur bergaya minimalis. Begini penjelasan selengkapnya.

Keuntungan Punya Dapur Minimalis

dapur minimalis unik dan cantik

Sumber : Qhomemart.com

Memiliki dapur minimalis modern ukuran kecil tetapi cantik boleh dibilang jadi impian semua pasangan muda masa kini. Pasalnya, jumlah hunian bergaya minimalis meningkat sehingga kebutuhan akan dapur bergaya serupa pun terus bertambah.

Di balik gaya minim dekorasi yang dimilikinya, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati dengan mempunyai dapur demikian di rumah.

Mengedepankan unsur kepraktisan

Pasangan muda yang menghuni rumah masa kini menyukai segala sesuatu yang praktis. Apalagi jika kamu belum memiliki anak, urusan makan jauh lebih simpel. Memasak harian cukup dibuat dalam porsi kecil. Kalau sedang malas masak, tinggal pesan antar atau makan di luar.

Frekuensi masak yang tidak terlalu sering membuat dapur kecil terasa lebih praktis. Desain sederhana tetapi fungsional pun sudah lebih dari cukup memenuhi kebutuhan harianmu saat memasak.

Terbiasa hidup hemat

Dengan dapur minimalis, kamu cukup membeli peralatan memasak yang benar-benar basic atau yang dibutuhkan saja. Sebelum membeli sesuatu kamu akan berpikir dua kali, sekalipun sedang ada diskon atau promo menarik. Keterbatasan ruang jadi alasan utama.

Pasti kamu tidak ingin dapur yang dirancang minim perabotan justru penuh oleh peralatan dan stok makanan berlebih? Otomatis kamu terbiasa untuk hidup hemat dengan membeli berbagai barang seperlunya.

Lebih mudah dibersihkan

Dapur minimalis 2 x 3 misalnya, luas ruangan yang kecil akan menghemat waktu kamu saat bersih-bersih. Terlebih lagi, beres-beres di dapur bisa melelahkan dan kadang menyebalkan, terutama bagian kompor yang kerap penuh minyak.

Barang terbatas, ukuran mungil, dan memang sengaja dirancang minimalis akan membuat sesi bersih-bersih dapur lebih ringkas. Kamu pun jadi terbiasa segera membersihkan dapur selesai memasak karena bisa dilakukan dengan cepat.

Katakan selamat tinggal pada stres

Sering pusing melihat dapur berantakan? Bingung di mana lagi harus menyimpan peralatan dapur? Situasi demikian jika tidak terkendali bisa menimbulkan stres lho. Namun, hal itu bisa dihindari ketika kamu menerapkan gaya minimalis pada dapur.

Ya, dapur gaya ini mudah dibersihkan, praktis, dan terlihat lebih rapi dengan ruang penyimpanan tersembunyi. Piring dan gelas ditempatkan di rak, begitu juga dengan peralatan memasak lainnya. Tidak ada perabotan yang diletakkan begitu saja. Dapur rapi dan bersih, selamat tinggal stres!

Kreatif mengoptimalkan yang sudah ada

Saat bosan dengan desain dapur kecil, terkesan kamu hanya punya sedikit pilihan untuk merenovasi. Namun, justru di situ tantangannya, kamu didorong untuk kreatif memanfaatkan lahan terbatas saat mendekorasi ulang dapur.

Besar tidak selalu lebih baik. Sebaliknya, dapur minimalis kecil bisa jadi unik dan cantik jika kamu tahu mana titik terbaik untuk mendekorasinya. Contoh, buat rak penyimpanan terbuka untuk menaruh piring dan gelas yang sering dipakai. Praktis dan menciptakan kesan dapur lebih lapang. 

Inspirasi Desain Dapur Minimalis

desain dapur minimalis 3x3

Sumber : Qhomemart.com

Sudah terbayang ya keuntungan apa saja yang bisa kamu nikmati dari dapur minimalis. Sekarang waktunya kamu mengintip enam inspirasi desain dapur serupa yang ideal untuk pasangan muda.

Modern dengan gaya Skandinavia

Ya, gaya Skandinavia memang terkenal dengan ciri sederhana nan minimalis. Tak heran jika gaya ini banyak diadopsi oleh pasangan muda yang tinggal di perkotaan. Kamu pun bisa memasukkan elemen-elemen Skandinavia pada dapur di rumah.

Beberapa elemen tersebut antara lain kombinasi warna netral dan elemen kayu. Coba padukan warna putih untuk kitchen set dengan lis atau counter top yang menggunakan kayu. Terlihat segar tanpa terkesan monoton.

Dominasi abu-abu untuk kesan maskulin

Abu-abu tak selalu identik dengan warna gelap. Pilih abu-abu terang atau light gray sebagai warna utama dapur minimalis terbuka. Cukup pasang rak penyimpanan berwarna abu-abu di atas dan di bawah area memasak.

Pasangkan kitchen set dengan permukaan putih dari material granit. Perpaduan keduanya dapat memberikan kesan maskulin pada hunianmu. Selain cocok untuk rumah kecil, inspirasi dapur minimalis demikian bisa diterapkan di apartemen studio.

Serba putih agar terang

Warna putih kerap dihindari di area dapur karena khawatir mudah kotor. Padahal, asal kamu rajin membersihkannya, kekhawatiran tersebut bisa dihindari.

Agar tidak tampak monoton, padukan kitchen set putih dengan counter top kayu dan backsplash berwarna agak gelap. Letakkan juga perabotan berwarna cerah agar tampak kontras. Dijamin, dapur kecil ini terlihat elegan dengan perpaduan warna tersebut.

Kayu elemen utama

Alternatif lain untuk padu padan warna putih adalah elemen kayu. Kamu bisa menempatkan kayu sebagai ‘bintang’ dapur mungil di rumah.

Gunakan kayu sebagai counter top di kitchen set maupun elemen dekorasi lain, seperti tempat bumbu, rak gantung, hingga meja kecil. Alih-alih terlihat sederhana, unsur kayu justru memberi tampilan modern sekaligus mewah.

Jadi satu dengan area makan

Tidak ingin membuang waktu dengan sibuk menata meja saat hendak makan? Gabungkan saja area makan dengan dapur. Kamu bisa merancang meja dengan mini bar di sisi terluar dapur. Pasang kursi bar yang tinggi, area makan mungil siap digunakan.

Keuntungan lain dari penggabungan kedua area ini adalah kamu bisa membangun waktu berkualitas bersama pasangan. Saat memasak di dapur, kamu bisa sambil berbincang dengan pasangan yang duduk di meja ala mini bar. Seru kan?

Kitchen island si pencuri perhatian

Siapa bilang dapur mungil tidak bisa punya kitchen island? Kamu bisa menempatkan dapur di satu sisi ruangan dan meja kecil di hadapannya. Kitchen island ini akan berfungsi sebagai tempat persiapan masak, menyimpan peralatan, sampai meja makan. Supaya tidak terlalu penuh, pastikan ukuran meja ini dibuat pas sesuai luas dapur.

Itulah enam ide dapur minimalis yang cocok untuk pasangan muda. Semoga inspirasi ini membantumu mewujudkan dapur impian!

Ini Ide Dapur Minimalis untuk Pasangan Muda, Bisa Ditiru!

mall di kabupaten tangerang