Informasi Lengkap tentang Harga Batako, Kelebihan dan Kekurangannya

harga batako putih

Teknologi yang berkembang pesat membuat bahan-bahan bangunan semakin beragam. Bata merah yang selama ini dikenal luas sebagai material untuk membuat dinding, perlahan mulai digantikan dengan batako. Meski harga batako sedikit lebih mahal dibanding harga batako merah atau bata merah, namun berbagai kelebihan yang dimiliki oleh material ini membuatnya layak dipertimbangkan sebagai pilihan untuk membuat bangunan.

Untuk Anda yang sedang mencari informasi seputar harga batako ukuran 40×20 cm dan berbagai jenis batako lainnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Jenis-jenis Batako dan Harganya

harga batako hebel

Sumber : Renovasi.co.id

Sebelum membahas tentang harga batako, perlu diketahui bahwa batako merupakan bahan bangunan berupa beton pracetak pengganti bata merah. Jika bata merah (atau batako merah) dibuat dengan menggunakan tanah liat, batako merupakan hasil padatan dari pasir, semen dan berbagai agregat kasar lainnya. Setelah dibuat menjadi adonan, campuran bahan-bahan ini dicetak berbentuk balok dengan ukuran beragam.

Setelah proses pencetakan selesai, batako kemudian dijemur. Ini merupakan salah satu kelebihan material batako yakni tidak memerlukan proses pembakaran seperti bata merah.

Berdasarkan campurannya, batako terbagi menjadi beberapa jenis antara lain:

1. Batako Putih

Dikenal juga dengan nama lain batako trass, batako putih ini dibuat dari campuran trass, air dan batu kapur (batu lapukan batu gunung yang warnanya putih). Pembuatan batako putih mirip dengan bata merah yakni lewat proses pembakaran. Harga batako 40 x 20 x 20 cm yang biasa dijadikan bahan untuk dinding luar per buahnya berkisar Rp3.600.

2. Batako Press

Batako press dibuat dengan mencampurkan pasir kasar dengan semen yang kemudian dicetak. Karena dibuat dengan menggunakan semen sebagai bahan utamanya, banyak yang menyebutnya sebagai batako semen.

Batako press tersedia dalam berbagai ukuran dengan ciri berupa lubang di salah satu sisi batako yang berguna untuk mengikat batako dengan menggunakan adonan. Batako press dibedakan lagi menjadi 2 yakni batako press mesin dan batako press tangan. Batako jenis ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai Rp1.900 per buah (ukuran 17 cm x 36 cm x 7 cm).

3. Batako Beton (Bataton)

Bataton sebenarnya sama dengan batako press hanya saja semen yang digunakan adalah PC (semen Portland). Ada juga produsen yang mencampurkan batu bara sampai Styrofoam agar bobotnya lebih ringan. Harga bataton per buahnya kurang lebih sama dengan batako press yakni antara Rp1.500-Rp3.500, tergantung harga produsen tempat Anda membeli.

4. Batako Hebel

Batako hebel atau bata hebel merupakan jenis bata ringan yang dibuat dari campuran semen, gypsum, pasir kuarsa dan pasta aluminium. Ada dua jenis batako hebel yang bisa ditemukan di pasaran yakni AAC/Autoclaved Aerated Concrete yang proses pengeringannya menggunakan teknologi bertekanan tinggi dan CLC/Cellular Lightweight Concrete yang pengeringannya dilakukan secara alami.

Harga batako hebel biasanya dijual per meter kubik mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Ada juga produsen yang menjual satuan dengan harga Rp10.000 per buah. Karena dibuat menggunakan mesin khusus, batako hebel jenis AAC lebih mudah dan lebih cepat proses pemasangannya. Namun biaya yang dikeluarkan juga lebih besar.

Bata hebel banyak dipilih karena bobotnya yang ringan. Selain mampu mengurangi beban struktur bangunan secara keseluruhan, bata hebel juga memiliki permukaan yang rapi sehingga tidak memerlukan pelapisan ulang dengan plester.

5. Batako Lantai

Selain batako yang digunakan untuk membangun dinding, ada batako yang khusus dicetak untuk menutupi permukaan horizontal di luar ruangan yakni paving block atau conblock. Tidak seperti batako biasa yang bentuknya persegi, paving block memiliki bentuk dan warna yang beragam. Ada yang persegi panjang (paving block bata), ada yang berbentuk trihex (menyerupai 3 bangun heksagonal yang bersatu) hingga bentuk cacing.

Harga batako lantai per meter ini ditawarkan bervariasi, tergantung ukuran dan jenisnya. Anda bisa membeli mulai dari Rp110 ribu-Rp200 ribuan per meter.

Jika Anda menginginkan harga batako jalan yang lebih murah, Anda bisa memilih bentuk persegi panjang. Selain lebih terjangkau, ongkos pasangnya juga lebih murah.

Kelebihan dan Kekurangan Material Batako

informasi lengkap tentang harga batako, kelebihan dan kekurangannya

Sumber : Arsitag.com

Setelah mengetahui gambaran tentang jenis batako dan harganya, saatnya mengetahui kelebihan dan kekurangan batako. Kelebihan material ini dibanding bata merah antara lain adalah:

  • Lebih besar dari segi ukuran sehingga proses pengerjaan lebih cepat. Tidak hanya itu, perekat yang digunakan untuk memasangnya juga lebih sedikit
  • Karena beberapa jenis batako dicetak menggunakan mesin, bentuknya cenderung jauh lebih rapi
  • Ukuran yang sama persis membuat dinding maupun lantai menjadi lebih seimbang
  • Proses pemotongan gampang dan rapi
  • Sifatnya yang kedap air meminimalkan rembesan ke dalam bangunan
  • Adanya rongga pada bagian tengah membuat bobotnya lebih ringan sehingga memudahkan proses pengangkutan dan pemasangan.

Sedangkan kekurangan material batako antara lain adalah:

  • Karena sifatnya menyerap panas matahari, bangunan yang dibuat dengan batako biasanya memiliki suhu yang tinggi di siang hari
  • Adanya rongga pada sebagian jenis batako membuatnya mudah pecah
  • Rentan mengalami keretakan.

Kualitas dan komposisi batako yang Anda beli menentukan daya tahannya. Selain dicetak dengan mesin, batako yang direkomendasikan sebaiknya dibuat dengan campuran 75 persen pasir, 20 persen semen dan sisanya air. Ini merupakan aturan komposisi yang sudah sesuai SNI berdasarkan aturan Departemen Pekerjaan Umum tahun 1986.

Kualitas batako sebenarnya bisa dilihat secara visual. Jika permukaannya tampak lebih halus, tidak terdapat rongga atau pori-pori, artinya batako tersebut bagus. Selain itu, batako yang berkualitas biasanya memiliki sudut-sudut yang tegas dan tajam saat dipegang.

Itulah informasi lengkap tentang batako beserta kelebihan dan kekurangannya. Perlu diingat bahwa harga batako di atas hanyalah gambaran harga secara umum. Di beberapa kota, Anda mungkin akan menemukan batako dengan harga yang lebih mahal atau lebih murah. Pastikan Anda memilih batako yang paling sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan bujet yang tersedia.

Informasi Lengkap tentang Harga Batako, Kelebihan dan Kekurangannya

mall di kabupaten tangerang