Desain Taman Minimalis yang Cocok Untuk Lahan Sempit

design taman dalam rumah

Dilengkapi dengan taman, sebuah rumah pasti akan terlihat lebih indah dan hijau. Namun, keterbatasan lahan seringkali menjadi kendala untuk memiliki taman yang sesuai keinginan. Sebenarnya, taman juga bisa dibangun di lahan yang sempit. Meskipun kecil, taman minimalis akan tetap memukau asal didesain dengan apik.

Keuntungan memiliki taman yang kecil adalah dari segi perawatan. Kamu tidak memerlukan waktu dan tenaga yang terlalu banyak untuk memeliharanya. Meskipun demikian, fungsi taman tetap bisa dinikmati. Nah, apa saja ide taman minimalis modern yang bisa kamu terapkan? Yuk, simak ulasan berikut:

1. Taman Minimalis di Balkon

taman minimalis depan rumah

Sumber : 99.co

Balkon adalah area di bagian atas bangunan bertingkat yang berfungsi serupa teras. Pada rumah dengan kondisi tertentu, misalnya terlalu dekat dengan jalan raya, balkon dapat menjadi solusi pengganti teras yang lebih nyaman. Ukuran balkon bervariasi, ada yang luas, tetapi ada pula yang sempit. Hal ini bergantung pada luas rumah.

Selain untuk duduk santai, area balkon juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat untuk berjemur atau menjemur baju. Sebagai bagian outdoor pada hunian, balkon terkena sinar matahari secara menyeluruh. Sirkulasi udara pun sangat lancar sehingga bersantai di tempat ini sangat menyenangkan. Kamu bisa refreshing sejenak hanya dengan duduk di balkon rumah.

Ingin agar balkon lebih fungsional dan menyegarkan? Cobalah untuk membangun sebuah taman sederhana. Tak perlu khawatir jika balkon berukuran sempit karena ada berbagai cara agar tanaman dapat tetap tumbuh. Salah satunya, menggunakan pot gantung di sekeliling balkon. Tanaman hidup ini bisa menghalangi polusi masuk ke dalam rumah.

Bagian pagar balkon juga sangat ideal untuk meletakkan pot tanaman. Pilihlah jenis tanaman yang merambat atau yang tidak terlalu besar. Jangan biarkan tanaman terlalu rimbun karena dapat menghalangi cahaya matahari untuk masuk ke dalam rumah. Selain itu, jika balkon berukuran kecil, tanaman yang rimbun dapat membuatnya bertambah sempit.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat membuat taman minimalis di balkon adalah perawatannya. Karena berada di bagian atas rumah, bagian ini mungkin sering terlewat. Pastikan kamu merawat tanaman secara rutin sehingga tampilan taman akan tetap cantik dan atraktif.

2. Taman di Sudut Teras

taman minimalis samping rumah

Sumber : Properto.kompas.com

Seperti halnya balkon, teras juga merupakan area bersantai di sebuah hunian. Biasanya, ada seperangkat kursi dan meja yang diletakkan di teras sebagai tempat duduk setiap waktu luang. Ada teras yang luas, tetapi ada pula yang kecil. Sayangnya, teras sering dibiarkan monoton sehingga kurang menarik. Padahal, dengan sedikit sentuhan, area teras bisa memberi nilai tambah.

Memiliki teras sangat penting. Di tempat ini, kamu bisa menerima tamu yang tidak terlalu dekat atau hanya berkunjung sebentar. Selain itu, sebagai area outdoor dalam rumah, teras juga menawarkan suasana yang lebih segar. Hampir semua rumah pasti memiliki teras, meskipun bentuk dan ukurannya berbeda-beda.

Teras dapat ditata dengan lebih apik sehingga fungsinya sebagai tempat bersantai makin maksimal. Caranya dengan membuat sebuah taman kecil di bagian sudut. Pada sebagian hunian, area taman tidak bisa dibuat karena keterbatasan lahan. Sebagai solusi, kamu bisa menciptakan taman sederhana di bagian teras.

Membuat taman di teras rumah sangat mungkin dilakukan. Tipsnya, pilih tanaman yang ramping atau tidak terlalu menyita tempat. Pasang pembatas antara area taman dengan area yang keras. Ukuran taman juga tak perlu terlalu besar supaya tidak mengganggu aktivitas di bagian teras.

3. Roof Gardening

desain taman minimalis di lahan sempit

Sumber : Gardeningknowhow.com

Jika lahan untuk hunian tidak terlalu luas, memiliki taman bisa dibilang termasuk mustahil. Namun, kamu masih bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan area atap rumah. Pada umumnya, bagian atap tertutup genteng. Namun, bagian atap juga bisa dibuat berbentuk datar sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Salah satu ide memanfaatkan bagian atap rumah adalah menjadi taman minimalis. Desain minimalis di lahan sempit ini tak kalah menarik dibandingkan taman di depan rumah. Bahkan, kamu bisa memiliki privasi karena bagian atap rumah biasanya bebas dari gangguan orang luar. Karena itu, roof gardening menjadi solusi terbaik bagi yang ingin memiliki taman tanpa lahan.

Untuk membuat roof gardening, hal yang harus kamu perhatikan adalah kondisinya. Kamu harus membuat saluran air untuk menyirami tanaman secara rutin. Selain itu, gunakan pot-pot sebagai wadah tanaman. Pilih jenis tanaman yang cocok untuk lahan sempit. Tambahkan kursi dan meja untuk bersantai di taman.

4. Taman Vertikal Minimalis

taman minimalis belakang rumah

Sumber : Casaindonesia.com

Apakah rumah sama sekali tidak memiliki lahan kosong untuk area taman? Tak perlu khawatir! Taman minimalis depan rumah bisa diganti dengan sebuah taman vertikal. Seperti namanya, taman vertikal adalah taman yang memanfaatkan area kosong vertikal. Biasanya, area yang digunakan adalah dinding pagar bagian depan.

Ada berbagai trik untuk membuat taman minimalis secara vertikal, misalnya dengan menggunakan kawat dan pot khusus. Di kawat ini, pot-pot bisa digantungkan sehingga lahan yang digunakan lebih hemat. Menanam tanaman merambat untuk menciptakan area hijau juga bisa dilakukan. Namun, pastikan untuk tetap merawatnya sehingga tidak terlalu rimbun.

5. Taman di Dalam Rumah

desain taman minimalis

Sumber : Harapanrakyat.com

Bukan hanya di bagian depan, belakang atau samping rumah, kamu pun bisa membuat taman minimalis dalam rumah. Untuk membuat taman di dalam rumah, kamu tak perlu menyediakan lahan yang luas. Manfaatkan bagian yang tidak terpakai atau bagian belakang rumah untuk menjadi taman minimalis.

Syarat utama membuat taman di dalam rumah adalah terkena cahaya matahari dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Pilih jenis tanaman yang sesuai sehingga fungsinya untuk mempercantik hunian akan tercapai.

Nah, inilah beberapa ide taman minimalis yang bisa kamu terapkan pada hunian. Jika dirancang dengan baik, area taman yang tak seberapa pun bisa menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

Desain Taman Minimalis yang Cocok Untuk Lahan Sempit

mall di kabupaten tangerang