Cari Tahu Keunggulan dan Daftar Harga Besi Hollow Terkini

harga besi hollow untuk pagar

Besi hollow merupakan material bangunan yang sering digunakan dalam pembuatan plafon rumah, pagar, kanopi, serta rangka bangunan lainnya. Besi hollow memiliki ukuran dan jenis yang bervariasi, mulai ukuran 2×2, 4×4 (ukuran besi hollow untuk pagar), hingga 50×50. Material pembuatannya berasal dari campuran besi baja, galvanis, dan stanaluminium.

Besi hollow, atau yang populer dengan nama pipa kotak, menjadi pilihan material yang disukai berkat daya tahan dan kualitas konstruksi bangunannya yang kuat. Di samping kualitasnya yang dapat diandalkan, harga besi hollow per batangnya pun relatif terjangkau.

Keunggulan Besi Hollow

harga besi hollow hitam 2x4

Sumber : Renovasi.co.id

Besi hollow memiliki fungsi utama menggantikan kayu penyangga yang mudah lapuk. Pada pembuatan pagar, besi hollow dapat dikombinasikan dengan berbagai bentuk dan desain agar hasilnya memiliki nilai estetika lebih.

Sebelumnya, kita sudah menyimak secuil keunggulan besi hollow yang membuatnya banyak diandalkan pemilik rumah dan bangunan. Selain yang disebutkan tadi, masih banyak keunggulan lainnya, seperti:

1. Daya tahan dan kualitas terbaik di kelasnya

Dibanding kayu, besi hollow tentu memiliki kualitas yang lebih prima dalam menyangga pagar maupun kanopi dari terpaan cuaca ekstrem maupun api. Satu batang kayu gelondongan dapat menghasilkan potongan dengan kualitas yang tidak sama, lain halnya dengan besi hollow.

Dilihat dari segi efisiensi desain, besi hollow pun lebih unggul karena memiliki standar produksi yang ketat. Hal ini pun berimbas pada harganya. Karena harga besi hollow dihitung sama per kilogramnya, total keseluruhan bujet jadi relatif lebih terjangkau.

2. Aman dari korosi

Dibanding jenis besi lain, besi hollow memiliki kemampuan lebih baik dalam mencegah korosi. Besi hollow yang dipakai di luar ruangan umumnya dapat bertahan hingga 10 tahun. Daya tahannya dapat lebih lama lagi jika dilapisi dengan cat pelindung khusus,

3. Pemasangan lebih cepat

Besi hollow yang digunakan dalam pembuatan pagar, kanopi, dan rangka bangunan lainnya biasanya dipasang menggunakan teknik pengelasan. Teknik ini memungkinkan waktu pemasangan jadi lebih efisien karena Anda hanya perlu merangkai besi sesuai bentuk yang diinginkan kemudian menyatukannya.

Tak hanya digunakan dalam pembuatan pagar, trailing, atau kanopi, Besi hollow kerap diaplikasikan pula pada pembuatan perabot interior seperti hiasan dinding, langit-langit, meja maupun kursi.

4. Perawatan mudah

Anda tidak perlu melakukan perawatan rutin pada pipa hollow. Jika mau lebih awet dan tidak mudah berkarat, Anda cukup melapisi besi menggunakan cat berbahan dasar minyak maupun cat coating. Sebenarnya, kebanyakan besi hollow, baik SNI maupun non-SNI sudah dibekali lapisan antikarat para permukaannya. Lapisan cat pelindung dan coating umumnya hanya diaplikasikan untuk memaksimalkan fungsi antikarat.

Jenis Besi Hollow

besi hollow galvanis

Sumber : Dmo.or.id

Terdapat beberapa jenis besi hollow yang beredar di pasaran. Jenisnya dipengaruhi material pembuatan serta kebutuhan konstruksi. Berikut beberapa varian besi hollow yang patut Anda ketahui:

1. Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis paling sering digunakan sebagai material pembuatan kanopi, desain interior, pagar, dan perabotan. Hollow galvanis dilengkapi lapisan zinc coating 97 persen, sisanya terdiri dari aluminium dan kandungan logam lainnya. Harga besi hollow galvanis 4×4 pun masih lebih terjangkau dibanding jenis lainnya.

Ukuran tebalnya berada pada kisaran 0,3 cm hingga 0,5 cm. Dari segi tampilan, besi hollow galvanis pun tampak rapi. Namun, jenis hollow satu ini paling rentan terhadap korosi karena material pembuatannya. Untuk mengatasinya, Anda dapat melapisinya dengan cat pelindung khusus berkualitas terbaik agar besi dapat lebih awet.

2. Besi Hollow Galvalum

Besi hollow galvalume memiliki kandungan zat aluminium paling tinggi yakni mencapai 55 persen, sedangkan 43 persen terdiri dari kandungan elemen besi, dan sisanya adalah silikon. Berkat komposisinya tersebut, hollow galvalume memiliki daya tahan terbaik terhadap korosi. Harga besi 2 x 4 per batang untuk jenis galvalume yang digunakan pada pembuatan plafon pun cukup terjangkau.

3. Besi Hollow Gypsum

Hollow gypsum sering digunakan dalam pembuatan rangka plafon pada bangunan rumah maupun gedung. Bobotnya ringan, kuat, dan kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan kayu untuk urusan plafon. Material pembuatan hollow gypsum umumnya terdiri dari beberapa jenis besi antikarat dan meni. Lapisan cat yang digunakan pada hollow gypsum biasanya berwarna merah ataupun hijau. Ketebalannya beragam, yakni mulai 0,3 mm hingga 0,4 mm.

4. Besi Hollow Hitam

Besi hollow hitam memiliki ukuran paling panjang dan sudah terstandarisasi. Itulah sebabnya, jenis hollow satu ini paling sering digunakan sebagai material pembuatan jembatan, pembatas jalan raya, maupun konstruksi gedung. Ukuran besi hollow standar adalah 6 m, dengan ukuran paling pendeknya 4 m. Harga besi hollow hitam tentunya berdasarkan masing-masing ukurannya.

Daftar Harga Besi Hollow

harga besi hollow 2x4 per batang

Sumber : Rumah.com

Simak tabel besi hollow berikut untuk mencari tahu perkiraan harganya di pasaran saat ini:

  • Harga Besi Hollow Gypsum

Ukuran

Tebal

Panjang

Harga

4 x 4

0,8 mm

6 meter

Rp122.000

2 x 4

0,8 mm

6 meter

Rp94.000

4 x 4

0,9 mm

4 meter

Rp72.000

2 x 4

0,9 mm

4 meter

Rp52.000

4 x 4

0,8 mm

4 meter

Rp95.000

2 x 4

0,8 mm

4 meter

Rp65.000

4 x 4

0,7 mm

4 meter

Rp55.000

2 x 4

0,7 mm

4 meter

Rp46.000

4 x 4

0,3 mm

4 meter

Rp30.000

2 x 4

0,3 mm

4 meter

Rp25.000

Sumber: hargatokobesi.com

  • Harga Besi Hollow Galvanis

Ukuran

Panjang

Harga

3 x 3

6 m

Rp110.000

2 x 4

6 m

Rp110.000

3 x 6

6 m

Rp170.000

4 x 4

6 m

Rp150.000

5 x 5

6 m

Rp180.000

Sumber: 99.co

  • Harga Besi Hollow Hitam

Ukuran

Panjang

Harga

4 x 4

6 m

Rp120.000

2 x 4

6 m

Rp85.000

30 x 30

6 m

Rp52.000

25 x 30

6 m

Rp106.000

25 x 25

6 m

Rp57.000

50 x 100

6 m

Rp512.000

Sumber: renovasi.co.id

  • Harga Besi Hollow Galvalum

Ukuran

Panjang

Harga

4 x 4

4 m

Rp28.000

2 x 4

4 m

Rp17.000

 

Tips Membeli Besi Hollow

harga besi hollow galvanis 4x4

Sumber : Kpssteel.com

Berikut beberapa tips untuk mempermudah Anda mendapatkan besi hollow terbaik:

  • Lakukan riset produk dan harga. Cari tahu terlebih dulu masing-masing jenis besi hollow dan fungsi utamanya. Jangan lupa untuk membandingkan harga besi per batang di beberapa toko bangunan. Pastikan jenis dan harganya sebanding dengan kualitas.
  • Pilih besi hollow sesuai fungsinya. Pastikan Anda memilih besi hollow yang sesuai dengan fungsinya. Jika ingin membeli besi hollow untuk plafon, gypsum biasanya menjadi pilihan paling tepat karena bobotnya ringan dan kukuh. Nah, kalau ingin pagar lebih awet dan kuat, hollow galvanis dan hitam pilihannya.

Itulah beberapa informasi seputar jenis besi hollow dan perkiraan harga terkininya. Yuk persiapkan rancangan, bujet, dan perbandingan harga untuk mendapatkan pilihan besi hollow terbaik yang sesuai kebutuhan.

Cari Tahu Keunggulan dan Daftar Harga Besi Hollow Terkini

mall di kabupaten tangerang