Cari Tahu Harga Gypsum Terlengkap di Sini!

harga gypsum

Gypsum adalah salah satu mineral yang punya kandungan kalsium tinggi. Selain digunakan sebagai bahan obat-obatan dan produk kecantikan, gypsum juga populer dalam industri konstruksi. Material satu ini banyak dipakai untuk melapisi dinding dalam rumah dan plafon. Sebelum memutuskan untuk menggunakan material ini, simak terlebih dahulu penjelasan tentang gypsum dan harga gypsum berikut ini.

Jenis-jenis Gypsum dan Harganya

harga gypsum dinding

Sumber : Lamudi.com

Ada beberapa jenis gypsum yang digunakan dalam industri bangunan. Gypsum ini bisa dibedakan berdasarkan merek, ukuran maupun tingkat ketebalannya.

Gypsum Jayaboard

Jayaboard bisa dibilang sebagai merek gypsum yang paling populer di tanah air. Selain kualitasnya yang sudah teruji, jenisnya pun bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut rincian harga gypsum Jayaboard berdasarkan jenisnya:

  • Standar board. Merupakan jenis gypsum yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Harga gypsum dinding dengan ketebalan 9 mm ini berkisar Rp65.000 per lembar
  • Firestop. Gypsum ini dirancang sebagai pelapis plafon sekaligus partisi yang tahan api. Harga gypsum firestop Jayaboard ini dibanderol Rp252.700 per lembarnya
  • Wet Area. Gypsum yang juga dikenal dengan nama lain Jayaboard WR ini mengandung wax sehingga tahan digunakan di ruangan lembap. Gypsum ini juga sering disebut sebagai gypsum tahan air. Harga gypsum Jayaboard anti air ini berkisar Rp136.000 per lembar
  • Jika Anda memerlukan partisi khusus yang memiliki daya serap suara tinggi, Anda bisa menggunakan Jayabell yang dilengkapi lapisan tisu akustik. Harga per lembarnya adalah Rp370.000-Rp470.000
  • Jayapanel merupakan varian gypsum plafon premium yang memiliki sistem rangka sehingga proses pemasangannya lebih murah. Harga gypsum plafon ini adalah antara Rp45.000-Rp75.000.

Harga Gypsum Aplus

Aplus merupakan merek perlengkapan konstruksi dalam negeri yang cukup populer. Selain memproduksi gypsum, Aplus juga dikenal dengan produk rangka holo (hollow), baja ringan, genteng metal dan lain sebagainya.

Harga gypsum Aplus bervariasi, tergantung jenis dan ukurannya. Untuk tipe standar berukuran 2.400 mm x 1.200 mm x 9 mm, per lembarnya dibanderol Rp44.000-Rp66.000. Untuk tipe serupa dengan ketebalan 12 mm, harganya adalah Rp73.000 per lembar.

Sedangkan varian Aplus WR ukuran 2.400 mm x 1.200 mm x 9 mm dihargai Rp90.000 per lembar. Tipe serupa dengan ketebalan 12 mm bisa dibeli dengan harga Rp110.000 satu lembar.

Harga Gypsum Starboard

Selain merek Aplus dan Jayaboard, gypsum Starboard juga bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Gypsum ini banyak digunakan untuk kebutuhan penutup plafon bangunan. Harga gypsum Starboard ukuran 2.400 mm x 1.200 mm x 9 mm berkisar antara Rp50.000 sampai Rp60.000. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan membeli secara grosir.

Harga Gypsum List

Gypsum list atau gypsum lis adalah varian yang digunakan untuk menghubungkan bagian plafon dengan dinding di sebelahnya. Selain memperkukuh plafon yang dipasang, gypsum list biasanya memiliki corak berupa ukiran yang bisa menambah nilai estetika rumah Anda.

Harga gypsum list bervariasi tergantung tipenya. Harga jual per batang dengan ukuran panjang 2,2 meter berkisar antara Rp16.000-Rp47.000 per batang. Untuk mempermudah Anda dalam membeli list sesuai ukuran ruangan, silakan tanyakan harga gypsum per meter pada toko tempat Anda membeli.

Harga Hollow (Holo)

Selain gypsum, dalam pemasangan plafon Anda juga memerlukan kerangka yang dibuat dari besi hollow atau holo. Rangka ini terbuat dari berbagai macam material mulai dari besi, baja ringan hingga gypsum.

Harga holo gypsum dengan ukuran panjang 4 meter berkisar antara Rp13.000-Rp24.000. Sedangkan holo galvanis dengan panjang 6 meter dibanderol mulai dari Rp110.000-Rp180.000. Sementara itu besi holo dijual dengan harga mulai dari Rp13.000-Rp19.500 (khusus untuk plafon sepanjang 4 meter) dan Rp71.000-Rp292.000 (untuk varian 6 meter besi non plafon).

Dengan mengetahui daftar harga gypsum dan holo, Anda bisa lebih mudah memilih material yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Jangan lupa konsultasikan dengan kontraktor Anda sebelum membeli.

Kelebihan dan Kekurangan Material Gypsum

harga gypsum list

Sumber : Popmama.com

Ada banyak alasan kenapa orang menggunakan material gypsum untuk membangun rumah. Sebelum memilih, ada baiknya Anda menyimak kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan Gypsum

  • Mudah Dipasang. Sebagai pengganti dinding, proses pemasangan gypsum sangat praktis. Tidak perlu mengaduk semen, Anda tinggal memasangkan lembaran gypsum pada rangka holo dengan menggunakan sekrup. Hasilnya tidak jauh berbeda dengan dinding beton biasa
  • Dapat digunakan sebagai pengganti plester. Jika proses plester memakan waktu lama dalam proses pengerjaannya, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan gypsum. Proses pemasangannya cukup dengan menggunakan lem khusus
  • Tidak panas. Beberapa jenis gypsum dirancang dengan menggunakan material khusus yang bisa memantulkan suhu panas. Kelebihan ini bisa membuat suhu di dalam ruangan lebih dingin dan nyaman
  • Lebih sehat. Beberapa material selain gypsum umumnya mengandung material yang menyebabkan bau dan mengotori udara. Selain tidak mengganggu kesehatan, pemasangan gypsum juga minim air dan sisa-sisa potongannya tidak mencemari lingkungan
  • Low maintenance. Dinding beton atau dinding bata sangat mudah mengalami retak dan proses perbaikannya memerlukan waktu dan biaya yang lebih besar dibanding gypsum. Jika dinding atau plafon gypsum Anda rusak, tinggal lepaskan bagian yang rusak kemudian ganti dengan yang baru.

Kekurangan Gypsum

  • Tidak tahan air. Kebanyakan material gypsum rentan terhadap air karena ada kandungan kertasnya. Air yang merembes tidak hanya berisiko membuat gypsum ternoda tapi juga rusak. Sebagai solusi, Anda bisa memilih material gypsum yang sudah dilengkapi wax dan sifatnya water resistant
  • Perlu ketelitian tinggi. Saat memasang gypsum diperlukan tingkat ketelitian tinggi. Selain berhati-hati dengan pemasangan sekrup, proses penempelan lem bubuk gypsum juga harus dilakukan dengan saksama. Kalau sampai salah pasang, dinding atau plafon bisa runtuh.

Itulah ulasan lengkap tentang harga gypsum lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Pastikan Anda memilih material terbaik agar bangunan bisa bertahan lama.

Cari Tahu Harga Gypsum Terlengkap di Sini!

mall di kabupaten tangerang