Cara Membuat Teras Rumah Minimalis untuk Hunian Sederhana

teras minimalis

Tiap rumah pasti memiliki teras. Hanya saja, ukurannya berbeda-beda. Pada rumah berukuran kecil, teras yang dimiliki biasanya minimalis. Fungsi teras adalah sebagai ruang tunggu tamu. Area ini juga menjadi ruang peralihan antara bagian luar rumah dengan bagian dalam. Bagi penghuni, teras dapat menjadi tempat untuk bersantai.

Meskipun berukuran kecil, teras rumah minimalis tetap dapat menjalankan fungsi tersebut. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipenuhi agar teras bisa digunakan secara nyaman, misalnya aman dari masalah cuaca, memiliki penataan artistik, dan sebagainya.

Cara Membuat Teras Rumah Minimalis

Teras rumah minimalis type 36 sebaiknya berbeda dengan desain teras rumah minimalis type 45. Tujuannya agar teras rumah yang lebih kecil bisa berfungsi dengan baik. Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat teras semakin optimal fungsinya?

1. Gunakan Kanopi

Kanopi adalah atap tambahan yang umum dipasang pada rumah-rumah masa kini, khususnya di bagian teras atau balkon. Kanopi dapat menahan panas matahari sehingga rumah terasa lebih teduh. Selain itu, kanopi juga membuat air hujan tidak jatuh langsung dari atap rumah ke teras.

Tambahan atap teras rumah minimalis ini ternyata memiliki manfaat lain, yaitu membuat teras terlihat lebih luas. Khusus bagi rumah dengan teras yang kecil, memasang kanopi dapat menjadi trik yang tepat. Bukan hanya itu, keberadaan kanopi juga dapat mempercantik tampilan rumah.

Ada beberapa jenis kanopi yang bisa kamu pilih, misalnya kanopi kaca, Kanopi polycarbonate, kanopi baja ringan, kanopi kain, dan sebagainya. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda sehingga kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

2. Tempatkan Perabot Minimalis

Untuk teras berukuran minimalis, jenis perabot yang digunakan juga sebaiknya bergaya minimalis. Perabot minimalis identik dengan tampilan yang simpel tanpa banyak aksesori tambahan. Gaya minimalis bertujuan untuk menciptakan kesan yang elegan dan tampak cantik meskipun modelnya sederhana. Kesan ini cocok digunakan pada ruang-ruang berukuran kecil.

Menempatkan perabot rumah minimalis di teras rumah adalah langkah yang tepat. Kesan sederhana dari perabot yang digunakan akan membuat teras lebih nyaman walaupun berukuran sempit. Ciri perabot minimalis antara lain berukuran tidak terlalu besar, memiliki warna-warna netral, dan bisa difungsikan untuk lebih dari satu keperluan.

3. Gunakan Cermin

Tips lain yang bisa kamu coba saat membangun teras rumah minimalis adalah menggunakan cermin. Bukan hanya di dalam ruangan, cermin juga bisa dimanfaatkan untuk menambah kesan luas di luar ruangan. Salah satu caranya adalah dengan menggantungkan cermin di dinding teras. Pilihlah salah satu sisi yang paling tepat.

Cermin yang akan dipasang di dinding teras sebaiknya bukan cermin biasa. Manfaatkan aksesori ini untuk memberi nilai tambah pada tampilan teras. Jadi, pilihlah cermin dengan model yang artistik. Sesuaikan dengan gaya desain yang diusung. Penempatannya pun perlu diperhatikan supaya tidak mengganggu fungsi teras.

4. Tanaman Tinggi di Teras

Selanjutnya, tempatkan satu atau dua tanaman tinggi di sudut teras untuk menciptakan kesan luas pada area ini. Ada banyak jenis tanaman tinggi yang biasa ditanam di taman rumah, terutama yang berukuran kecil. Salah satu contohnya, pohon bambu hias. Bentuk pohon bambu cenderung ramping dan tinggi. Selain tidak memakan banyak tempat, pohon bambu juga memberikan kesan yang berbeda pada hunian.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman lain di sudut teras. Pilihlah jenis tanaman yang mudah dirawat sekaligus tidak membuat area ini tampak pengap. Pemilihan pot juga sangat berpengaruh, sebisa mungkin gunakan pot yang ramping dan tidak terlalu besar. Bukan hanya untuk keindahan, tanaman bisa menambah kesejukan.

5. Tambahkan Lampu Gantung

Jangan lupa, tambahkan pula lampu gantung pada teras. Selain berfungsi sebagai pencahayaan pada malam hari, lampu gantung juga bisa menciptakan kesan luas. Secara prinsip, lampu gantung akan menarik perhatian ke atas dan mengisi ruang secara vertikal. Cahaya lampu akan menerangi tempat gelap di bagian langit-langit sehingga menimbulkan kesan luas.

Ada berbagai model lampu gantung yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa menggunakan lentera kertas dengan bentuk yang bermacam-macam. Lampu gantung ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat teras lebih indah pada malam hari.

Tips Menata Teras Rumah Minimalis

teras rumah minimalis type 36

Ada macam2 model teras rumah minimalis yang bisa diwujudkan. Namun, ada pula sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan agar desain teras tetap memberi manfaat optimal dan terlihat indah, meskipun tidak luas.

1. Perhatikan Penataan

Jika ukuran ruangan tergolong sempit, penataan merupakan hal yang sangat penting. Teras yang kecil juga perlu ditata dengan baik. Tempatkanlah kursi dan meja tamu pada titik yang tepat sehingga tidak mengganggu jalur keluar masuk rumah.

Jika memasang hiasan, pilih area dinding yang sesuai. Hal ini juga dilakukan agar visualnya terlihat lebih cantik. Tanaman pun perlu diatur penempatannya. Jangan sampai porsi ruang untuk tanaman lebih besar daripada untuk duduk dan bersantai.

2. Rasa Nyaman Lebih Penting

Tak ada salahnya mendesain area teras dengan berbagai hiasan atau perabot. Namun, apakah pilihan hiasan tersebut tidak akan mengganggu kenyamanan penghuni maupun tamu? Sebaiknya, tentukan pilihan jenis perabot yang akan ditempatkan di area ini. Gunakan perabot berukuran kecil yang fungsinya sama.

3. Perhatikan Dampak Cuaca

Merupakan area yang berbatasan dengan luar ruangan, teras kerap mendapat dampak cuaca. Saat hujan, misalnya, teras bisa terkena tempias air. Ini dapat merusak perabot yang ada di teras atau membuatnya lembap. Panas matahari juga bisa berdampak pada perabot. Karena itu, pastikan teras tidak terkena dampak cuaca, misalnya dengan menambahkan kanopi.

Jadi, inilah sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan saat menata teras rumah yang berukuran kecil. Teras rumah minimalis ini tetap bisa membuat penghuninya nyaman asal penataannya sesuai dengan kondisi.

Cara Membuat Teras Rumah Minimalis untuk Hunian Sederhana

mall di kabupaten tangerang