Bikin Hunian Terlihat Berbeda dengan Desain Rumah Kayu Unik

rumah kayu minimalis 2 lantai

Siapa yang tidak ingin memiliki hunian yang nyaman sekaligus unik? Rumah kayu dapat menjadi salah satu pilihan kamu. Seperti namanya, bangunan ini didominasi oleh material dari kayu, mulai dari konstruksi, dinding, hingga aksesori yang digunakan.

Rumah seperti ini sering disamakan sebagai rumah bergaya pedesaan. Sebenarnya, rumah kayu bisa dipadukan dengan unsur-unsur modern dan kekinian sehingga tetap terlihat cocok menjadi hunian zaman sekarang.

Rumah Kayu Punya Banyak Keunggulan, Lho!

rumah kayu unik

Sumber : designrumah.co.id

Alasan untuk memilih membangun rumah kayu tentu tak terlepas dari keunggulan yang dimilikinya. Ada sejumlah hal yang membuat rumah kayu lebih baik daripada rumah dengan material lain.

1. Ramah Lingkungan

Berbahan dasar kayu, jenis rumah yang satu ini dinilai lebih ramah lingkungan. Menurut para peneliti dari Universitas Postdam Jerman, ada dua alasan kuat yang menegaskan pernyataan ini.

Pertama, pembangunan rumah berbahan utama kayu tidak menggunakan semen. Produksi semen menjadi sumber emisi global yang cukup besar. Alasan kedua, kayu dapat menyerap karbon yang berasal dari udara. Dengan demikian, jumlah gas buang akan berkurang dan berdampak mengurangi pemanasan global.

2. Memiliki Nilai Estetika

Siapa yang tak tertarik dengan tampilan eksotis dari sebuah rumah kayu yang berdiri kokoh. Warna cokelat yang khas dan menenangkan membuat rumah ini terlihat lebih indah. Nilai estetika dari elemen dasar kayu bahkan ditiru dalam bentuk wallpaper. Karena itu, memiliki rumah kayu adalah sebuah kebanggaan tersendiri pada pemiliknya.

3. Dapat Didesain Unik

Jika kamu memperhatikan model rumah kayu yang ada saat ini, variasinya sangat banyak. Tidak ada keterbatasan desain yang bisa diterapkan selama bahan kayu tersedia. Di sini, kamu berkesempatan membangun rumah kayu unik yang beda dari yang lain.

4. Biaya Lebih Ekonomis

Harga kayu memang tidak murah. Namun, biaya pembangunannya biasanya lebih ekonomis. Dengan demikian, hal ini dapat membuat anggaran membangun rumah lebih murah dibandingkan menggunakan material lain. Jika ingin lebih terjangkau, kamu perlu mempertimbangkan ukuran rumah yang sesuai anggaran.

5. Hemat Energi

Keunggulan rumah kayu lainnya adalah hemat energi. Sebagai insulator alami, kayu memiliki sifat dapat mencegah penghantaran panas dengan lebih baik dibandingkan material lain. Selain itu, rumah kayu juga dapat menyerap suara dengan lebih optimal sehingga suasana di dalam rumah lebih tenang dan hangat.

Desain Rumah Kayu Unik dan Bernilai Seni

harga rumah kayu minimalis

Sumber : Brilio.net

Cara membuat rumah kayu sederhana bergantung pada tema desain yang akan diterapkan. Nah, bagi kamu yang bercita-cita untuk memiliki rumah kayu minimalis, simak beberapa inspirasi berikut ini.

1. Rumah Kayu Bergaya Rustic

Dari material dasarnya saja, rumah kayu sangat ideal untuk disulap menjadi hunian bergaya rustic. Konsep rustic banyak digunakan untuk menciptakan kesan alami sekaligus unik. Beberapa unsur penting yang terdapat pada gaya desain rustic adalah kayu dan batu alam. Penempatan tanaman juga bisa membuat tampilannya makin menarik.

2. Rumah Kayu Bernuansa Tradisional

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat akan membangun rumah kayu agar bernilai seni tinggi adalah kehadiran nuansa tradisional. Kamu bisa menerapkannya di setiap bagian ruangan, mulai dari ruang tamu hingga dapur. Nuansa tradisional identik dengan ukiran khas, baik di perabot maupun di bagian rumah secara umum.

3. Rumah Kayu Minimalis

Rumah yang dibangun di lahan sempit bisa dibuat menjadi hunian yang nyaman. Salah satu caranya adalah dengan membangun rumah kayu minimalis. Karena berukuran kecil, harga rumah kayu minimalis juga biasanya masih terjangkau.

Di Amerika, rumah kayu mungil ini cukup populer. Modelnya unik dan bervariasi, tergantung pada kebutuhan dan permintaan pemiliknya. Proses pembuatannya pun sangat cepat. Agar nyaman dihuni, perabot dalam rumah kayu didesain supaya multifungsi.

4. Rumah Kayu Kontemporer

Pertimbangkan juga konsep kontemporer untuk diterapkan pada desain rumah dengan material kayu. Konsep kontemporer identik dengan gaya modern dan bebas. Kamu bisa menerapkan gaya desain ini pada lahan yang tidak biasa, misalnya kondisi tanah miring. Memadukannya dengan unsur kaca atau besi membuat jenis rumah kayu ini berbeda daripada yang lain.

Tips Membangun Rumah Kayu

cara membuat rumah kayu sederhana

Sumber : Cermati.com

Nah, setelah memutuskan untuk membangun rumah kayu sebagai hunian, mulailah dengan melakukan persiapan. Ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan berikut ini.

1. Tentukan Lokasi Rumah

Lokasi rumah merupakan pertimbangan penting sebelum membangun sebuah rumah kayu. Di daerah yang dekat dengan laut misalnya, rumah kayu berisiko terkena angin yang kencang sehingga perlu diwaspadai. Tanah yang tidak rata atau rentan longsor juga sebaiknya dihindari.

2. Hitung Kebutuhan Kayu

Kamu bisa memilih apakah kayu menjadi material utama untuk membangun rumah atau hanya sebagai tambahan. Ada pula yang memadukan kayu dengan bahan lain seperti besi dan beton. Hal ini sah saja dilakukan asal konsep bangunan yang akan dibuat telah jelas dan tepat.

3. Buat Rencana Anggaran

Sebelum membangun rumah, kamu tentu harus menentukan anggaran yang bisa digunakan. Jadi, buatlah rencana anggaran membangun rumah kayu sesuai kemampuan.

4. Pilih Jenis Kayu

Ada beberapa jenis kayu yang umum digunakan sebagai material konstruksi rumah. Dari awal, sebaiknya pilihlah jenis kayu terbaik menurut kamu, misalnya jati, mahoni, ulin, dan sebagainya. Jangan lupa, jenis kayu juga berkaitan dengan harganya.

5. Buat Fondasi yang Kuat

Rumah kayu tak kalah kuat dan awet daripada rumah dari bahan beton. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa fondasi rumah dibuat dengan kuat. Fondasi merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah hunian. Fondasi yang rusak atau tidak dibangun secara optimal dapat menyebabkan masalah pada kemudian hari.

Nah, inilah beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan membangun rumah kayu impian. Dengan model desain yang tepat dan penataan yang baik, rumah berbahan kayu dapat menjadi tempat bernaung yang menyenangkan.

Bikin Hunian Terlihat Berbeda dengan Desain Rumah Kayu Unik

mall di kabupaten tangerang