Untuk membantu kamu memperoleh solusi desain bangunan minimalis yang tepat, berikut ini terdapat tujuh inspirasi rumah yang layak untuk dipertimbangkan:

1. Unik dengan kombinasi warna di bagian fasad

rumah minimalis 2 lantai

Sumber :Iderumahasri.com

Umumnya, hunian berkonsep minimalis mengedepankan pemilihan warna putih. Namun, tidak ada aturan yang pasti berkaitan dengan pemakaian warna dalam konsep model rumah minimalis. Kalau mau, kamu bisa bereksperimen dengan menggunakan kombinasi warna pada bagian fasad bangunan.

Kamu tetap bisa menggunakan putih sebagai warna yang paling dominan. Sebagai tambahan, tidak ada hal yang salah kalau kamu membubuhkan warna lainnya seperti oranye, abu-abu gelap, serta penggunaan batu alam. Kalau dikombinasikan dengan tepat, kamu bisa memperoleh tampilan fasad rumah yang cantik.

2. Dominasi warna putih

gambar rumah minimalis sederhana

Sumber :Properti.kompas.com

Kalau kamu ingin memiliki desain rumah minimalis sederhana, pertimbangkan untuk memilih bangunan dengan dominasi warna putih. Eksterior putih menjadi representasi yang jelas pada hunian berkonsep minimalis. Sekilas, kamu mungkin menganggap pemilihan warna putih terkesan membosankan. Namun, dengan trik sederhana, kesan tersebut bisa kamu hilangkan.

Hal yang perlu kamu ketahui, cat warna putih yang ada di pasaran bisa ditemukan dalam berbagai varian. Kamu dapat memilih cat putih yang memiliki tone lembut, ivory, putih salju, atau antik. Pertimbangan lain, kamu dapat mengombinasikan warna putih dengan pemanfaatan kerangka jendela dan pintu bertema kayu.

Opsi lain, kamu bisa melakukan penambahan akses pada bagian eksterior untuk memperoleh efek kontras. Penambahan tersebut dapat kamu lakukan pada pilar, pintu dan jendela, serta furnitur yang ada di luar ruangan.

3. Mewah dengan atap limas

rumah minimalis 1 lantai

Sumber :topgambarrumah.blogspot.com

Atap pelana kerap jadi pertimbangan masyarakat Indonesia saat ingin membangun rumah minimalis sederhana. Namun, kamu bisa mempercantik tampilan rumah jadi terlihat lebih mewah dengan memanfaatkan atap limas.

Selain membuat desain tampilan rumah minimalis 1 lantai terlihat lebih mewah, kamu juga bisa memperoleh kelebihan lainnya berupa:

  • Pembuatan atap berbentuk limas bisa kamu sesuaikan dalam berbagai pilihan model. Bentuknya akan terlihat lebih proporsional kalau dibandingkan dengan pemakaian atap pelana.
  • Atap limas mampu memberi perlindungan keseluruhan dinding luar bangunan dari terik matahari serta hujan. Hal ini bisa kamu peroleh karena atap limas punya bentuk yang miring di setiap sisinya.
  • Hemat biaya. Penggunaan atap limas tidak memerlukan segitiga tembok layaknya pada atap pelana. Alhasil, proses pengerjaan oleh tenaga tukang tidak terlalu banyak.
  • Membuat bangunan lebih tahan lama. Manfaat ini bisa kamu peroleh karena atap limas memberi perlindungan bangunan dari cuaca ekstrem yang bisa merusak.
  • Risiko kebocoran yang minim. Dengan desain yang tepat, atap limas mampu membelokkan angin ke arah atas. Hal ini kemudian dapat mengurangi risiko kebocoran yang diakibatkan rembesan air saat hujan deras yang disertai angin kencang.

4. Inspirasi gaya resor

rumah minimalis modern 2 lantai

Sumber :Rumah123.com

Kalau kamu mempunyai lahan yang luas, menggunakan gambar rumah minimalis sederhana bukanlah pilihan yang tepat. Sebagai gantinya, kamu dapat memanfaatkan desain hunian minimalis modern yang menggunakan gaya resor atau rumah peristirahatan ala Eropa.

Pemilihan warna putih jadi pertimbangan menarik untuk menimbulkan kesan minimalis. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan kesan alami lewat penggunaan perabotan kayu. Kalau mau, kamu juga dapat menambahkan area taman agar suasana rumah terasa rindang dan teduh.

5. Taman sebagai daya tarik

desain rumah minimalis sederhana

Sumber : Polarumah.com

Kalau kamu ingin membangun rumah minimalis modern 2 lantai, tidak ada salahnya untuk menyediakan lahan khusus untuk taman. Ukuran taman dapat kamu sesuaikan dengan ketersediaan lahan. Di situ, kamu bisa menempatkan pohon dengan ukuran besar atau sedang dan disertai keberadaan pot bunga dan tanaman hias yang cantik.

Bagi kamu yang punya lahan dengan ukuran luas, keberadaan taman bisa kamu manfaatkan tidak hanya untuk mempercantik desain tampilan rumah minimalis 2 lantai. Namun, kamu bisa menjadikan taman sebagai area permainan anak. Sebagai contoh, kamu dapat menempatkan ayunan, rumah pohon, dan lain sebagainya.

6. Minimalis modern

model rumah minimalis

Sumber : Duniapondok.com

Berikutnya, kamu dapat mempertimbangkan model rumah minimalis yang modern. Kamu dapat mendesain rumah modern dan sekaligus minimalis dengan kreativitas masing-masing. Hal yang perlu diperhatikan, pastikan bahwa desain hunian mempunyai detail yang sederhana tanpa dekorasi berlebihan.

Selain itu, kamu perlu mengedepankan fungsi bangunan dengan tetap mempertimbangkan tampilan. Sementara itu, pilihan warna yang kerap digunakan dalam hunian minimalis modern adalah putih, hitam, serta abu-abu. Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengombinasikan warna-warna tersebut dengan furnitur bercorak kayu.

7. Minimalis gaya industrial

rumah minimalis sederhana1

Sumber : Furnizing.com

Terakhir, kamu dapat mempertimbangkan desain rumah minimalis sederhana bergaya industrial. Hunian yang menggunakan konsep industrial biasanya mengedepankan pemilihan warna merah bata, hitam, abu-abu, serta cokelat kayu. Pemilihan warna tersebut dapat kamu kombinasikan dengan ciri khas berupa dinding batu bata.

Di bagian atap, konsep hunian industrial menghadirkan kesan yang berani. Kamu tidak perlu memasang plafon untuk menyembunyikan elemen struktur di bagian atap. Sebaliknya, konsep industrial mengedepankan penggunaan elemen struktur sebagai ciri khas dan bahkan sorotan utama yang unik di dalam bangunan.

Selain memberi kesan unik, pemanfaatan atap terbuka juga membuat suasana ruangan terlihat lebih luas. Kamu bisa memanfaatkan ruangan dengan lebih baik. Misalnya, melakukan penambahan mezzanine. Sebagai pelengkap, kamu dapat menggunakan jendela berukuran besar serta memanfaatkan barang-barang daur ulang.

Itulah tujuh inspirasi desain rumah minimalis yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat, ya!